Jumat, 29 Mei 2009

Manfaat tumbuhan pepaya bagi kesehatan




Banyak manfaat daun pepaya bagi kesehatan kita. Jika ada pohon yang bisa dimanfaatkan dari akar sampai buahnya, itulah pepaya. Manfaat yang dikandungnya sangat banyak, nilai gizinya bagi kesehatan juga tinggi. Setiap bagian dari tumbuhan ini memiliki khasiat. Daun pepaya di kenal berkhasiat dapat menyembuhkan berbagai penyakit,misal;magh,malaria,penambah nafsu makan,dan mengatasi gejala cacingan pada anak. Selain daunnya getahnya yang terdapat di seluruh bagian tanaman, mulai dari buah, daun, batang, sampai akarnya, bersifat antitumor dan kanker. Ini karena lebih dari 50 asam amino terkandung di dalamnya.
Antitumor
Dari beberapa penelitian diketahui, batang dan daun pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex), yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker.
Hal itu dimungkinkan dengan adanya kandungan senyawa karpain, yaitu alkaloid bercincin laktonat dengan tujuh kelompok rantai metilen. Dengan konfigurasi itu, karpain juga ampuh menghambat kinerja beberapa mikro-organisme yang mengganggu fungsi pencernaan, sehingga efektif untuk menekan penyebab tifus. Selain itu menyembuhkan tumor dan penyakit kulit.

Lebih dari 50 asam amino terkandung dalam getah pepaya, antara lain asam aspartat, treonin, serin, asam glutamat, prolin, glisin, alanin, valine, isoleusin, leusin, tirosin, fenilalanin, histidin, lysin, arginin, tritophan, dan sistein. Semua zat itu bersatu padu menjadi bahan baku industri kosmetik untuk menghaluskan kulit, menguatkan jaringan agar lebih kenyal, dan menjaga gigi dari timbunan plak.

Mengunyah satu sendok teh biji pepaya mentah dalam kondisi perut masih kosong setiap hari, dapat mencegah dan membasmi cacing serta parasit lainnya. Biji pepaya ini dapatdipergunakan dalam keadaan basah maupun kering. Jika rasanya terlalu kuat, bisa dicampur dengan kurma atau madu. Bisa saja biji pepaya ini diblender dan dicampur dengan sedikit air, baru diminum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar